Blogger Widgets PRIVAT BAHASA ARAB BACA KITAB KUNING JAKARTA: Mengoptimalkan Proses Belajar
Tingkatkan totalitas menghamba dengan memaksimalkan peran Al-Qur'an dan Al-Hadits, serta peran akal dalam menggapai apa pun yang ingin kita capai dalam dunia atau pun akhirat

Minggu, 20 Desember 2015

Mengoptimalkan Proses Belajar


Membaca dan Menulis adalah kegiatan yang khas dilakukan oleh pelajar. Apa jadinya jika seseorang yang menyandang predikat sebagai pelajar, tetapi tidak ada kemauan untuk melaksanakan dua kegiatan tersebut? rasanya sama sekali belum pantas dikatakan sebagai ‘’pelajar yang benar-benar pelajar’’.
            Keduanya ini (membaca dan menulis), memerlukan cara dan trik yang tepat untuk kemudian menghasilkan produk yang baik dan tidak cacat. Yang ingin saya katakan, bahwa kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas, dalam merealisasikannya bukan hanya bercermin karena sebagai syarat seorang pelajar, namun lebih jauh, kiranya membuat apa yang kita tulis dapat dipaham khalayak umum (jika dalam menulis), juga kita faham serta dapat menangkap apa yang tersurat dan tersirat atas apa yang ingin disampaikan oleh penulis (jika dalam membaca).
            Salah satu tawarannya, mengenai kegiatan menulis yang baik itu sendiri adalah menggunakan metode Mengikat Makna. Metoda yang menekankan kita agar tidak hanya menjadi cangkir, namun lebih jauh menjadi untuk tanaman. Penjelasan tentang ini sudah sering kita bahas. Kemudian, salah satu metode yang ampuh dalam kegiatan membaca adalah bagaimana kita membaca dengan men-jaharkan suara (load reading), supaya kita lebih bisa menangkap dan mengikat apa makna yang ingin disampaikan penulis terhadap tulisannya.
            Mengenai penggunaan internet bagi pelajar. Seperti yang kita sepakati, bahwa internet memiliki pengaruh yang positif dan juga pengaruh negatif bagi penggunanya. Sebagaimana yang diminta dalam tugas, yaitu apa manfaatnya teruntuk kita sebagai pelajar. Sebenarnya, jika kita menginjakkan kaki pada dunia internet secara tepat, di dalamnya beribu-ribu manfaat yang siap ditawarkan. Sebagai beberapa contoh saja, ketika kita hendak kirim-mengirim data,  kepada sesama teman kampus, Dosen atau instansi, internet menawarkan jasa pengiriman dengan  mudah dan tidak repot, yaitu melewati salah satu aplikasi internet, e-mail. Contoh manfaat lain, ketika mengerjakan tugas kampus, yang syarat dengan referensi-referensi, maka selain perpustakaan sebagai sarana menuju objeknya, internet tak kalah berperan, banyak menawarkan rujukkan yang senada dengan buku-buku asli yang ada, semisal melalui Google Book, OPAC online, atau cara yang lainnya.

            Merujuk pada hasil penelitian kompas, mengenai pembelajaran melalui sistem online (online learning), adalah salah satu manfaat internet itu sendiri yang sangat menonjol. Bayangkan saja, negara-negara maju seperti Amerik Serikat, Inggris, dan sebagainya, tidak sedikit menerapkan sistem pembelajaran online ini. Yang jelas dengan dalil bisa belajar di mana saja, kapan saja, dan siapa saja. Semuanya itu tak lain karena memanfaatkan kegunaan internet yang begitu besar.
            Sebelum menutup tulisan yang masih jauh dari kesempurnaan ini, saya sedikit akan memberi komentar terkait pembelajaran melalui online itu sendiri. Bagi sebagian orang mungkin itu baik dan lebih efisien. Hemat saya, pembelajaran yang lebih efisien dan lebih baik adalah belajar secara bertatap muka dengan pengajar. Kenapa?, Pertama, belajar seperti demikian lebih membuat kita fokus. Maksud saya, terkadang dalam sistem online, kita sambilan melakukan hal-hal lain, seperti musikkan, mainan HP dan sebagainya. Kedua, kita akan lebih menghormati ilmu yang memang secara langsung disampaikan oleh orang yang kita hormati dan segani, Dosen. sehingga keinginan untuk sungguh-sungguh belajar lebih tinggi. Dan masih banyak kelebihan-kelebihan yang lain. Itu hemat saya pribadi.
            Yang menjadi catatan, belajar untuk kemudian menghasilkan produk yang baik dan unggul sesuai yang diharapkan, pada dasanya boleh menggunakan metode apa saja. Yang terpenting, subjeknya lah yang harus melalui dan menjalankan proses yang terbaik dari setiap metode yang ada. Karena proses yang terus dan terus membaik jauh lebih urgen dari pada sekedar metode-metode yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar