Blogger Widgets PRIVAT BAHASA ARAB BACA KITAB KUNING JAKARTA: Information Technology
Tingkatkan totalitas menghamba dengan memaksimalkan peran Al-Qur'an dan Al-Hadits, serta peran akal dalam menggapai apa pun yang ingin kita capai dalam dunia atau pun akhirat

Minggu, 27 Desember 2015

Information Technology

A.   Peran Komputer dalam Dunia Pendidikan
Di era globalisasi ini, IT Literacy atau komputer sangatlah urgen dalam membantu kelangsungan pendidikan. Berikut akan penulis paparkan manfaat atau perannya di dalam pendidikan.
1. Komputer sebagai alat presentasi.
Dengan bantuan sebuah proyektor, laptop dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.


2. Komputer sebagai pengganti mesin ketik.
Sekitar tahun 80-an sampai dengan tahun 90-an, mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku, namun disekitar akhir tahun 90-an kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3. Komputer sebagai alat hitung.
 Di dalam komputer, tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka-angka , banyak sekali akuntan yang menggunakan MS. EXCEL dalam menghitung, baik jumlah, rata-rata dan juga pembagian.

4. Komputer sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas melalui internet.
Dengan adanya internet, semua komputer yang ada dapat saling berhubungan. Dengan adanya media internet semua terasa begitu mudah. Kita dapat mengakses pembelajaran dari internet. Belajar dengan media dari internetatau belajar secara otodidak bisa dilakukan dimana saja. Internet sekarang juga bisa diakses melalui handphone.

5. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut bisa kita olah secara abstrak.
6. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
7. Dapat menyimpan data-data
            Bahwa komputer merupakan sarana dan fungsi untuk penyimpanan data dalam selang waaktu yang pendek, dimana file-file data dapat disimpan di dalamnya dan dapat kita cari di dalamnya atau diperbaharui. [1]
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa posinternet dan lain-lain.
 Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak, kita dapat memperoleh pendidikan dan ilmu pengetahuan, antara lain :
1.       Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help), yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
2.        Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe Photoshope, dengan aplikasi ini kita dapat menjadi seorang yang mahir bidang grafis; Power Point, dengan aplikasi ini kita dapat menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad, dengan aplikasi ini kita dapat menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitekturl.
 3.         Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapat memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti: Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama, dll.
 4.        Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan. Internet merupakan sumber ilmu pengetahuan yang instant, sehingga dengan memasukan internet kedalam sistem pendidikan dapat membantu siswa dalam mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan tepat melalui media internet.
 5.         Sebagai Sumber Tambahan Pelajaran Yang Belum Dimengerti  Di Sekolah. Sejatinya pada lingkungan sekolah siswa belum tentu mengerti 100% mengenai pelajaran yang telah dipelajari, dalam hal inilah internet mengambil perannya sebagai alat bantu tambahan pelajaran, dengan internet siswa dapat mencari bahan-bahan ajar yang belum ia mengerti.
 6.       Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-Cara Penggunaan Komputer. Dengan banyaknya manfaat internet, siswa tentunya dituntut untuk bias mengoperasikan computer dengan baik dan benar.
 7.       Sebagai Sarana Komunikasi. Internet sebagai alat komunikasi juga dapat diaplikasikan pada dunia pendidikan, seperti contoh internet mempermudah komunikasi antar siswa dan guru, hal tersebut dapat melalui email maupun media sosial.[2]
            Perkembangan teknologi selalu mempunyai peran yang sangat tinggi dan ikut memberikan arah perkembangan dunia pendidikan. Dalam sejarah perkembangan pendidikan, teknologi informasi adalah bagian dari media yang digunakan untuk menyampaikan pesan ilmu pada orang banyak, mulai dari teknologi percetakan beberapa abad yang lalu, seperti buku yang dicetak, hingga media telekomunikasi seperti, suara yang direkam pada kaset, video, televisi, dan CD.
Perkembangan teknologi informasi saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar maupun tidak belgelar pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (mahasiswa) dengan menggunakan internet sebagai media.





A.   Peran Internet Sebagai Salah Satu Jaringan Komputer
Internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer dalam skala luas dan besar, masing-masing computer bisa saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan jaringan internet. Yang bisa digunakan dalam setiap komputer, walaupun dengan menggunakan komputer generasi pertama, dengan keberadaannya yang sedikit fakum, seperti ENIA dan Mesin Von Neuman. [3]
Komputer-komputer bisa saling berhubungan dengan satu sama lain. Salah satunya dengan jaringan yang mencakup seluruh dunia, yang disebut Internet. [4]
Internet sudah lama menjadi sumber informasi yang tidak terbatas dalam pendidikan. Dengan adanya internet, berbagai informasi bisa kite peroleh secara mudah dan aktual. Kehadirannya, juga memberikan banyak manfaat lainnya, seperti:
 Memperluas cakrawala pelajar. Kehadiran internet dengan segudang ilmu dari segala bidang, keberadaannya menjadi pembuka cakrawala siswa. Dengan menggunakan internet, mereka bisa memperoleh wawasan baru dan aktual.
            Belajar jarak jauh. Salah satu peranan penting internet dalam pendidikan adalah kesempatan untuk belajar jarak jauh. Saat ini, belajar berbagai hal sudah tidak harus dilakukan secara langsung tatap muka dengan pengajar, namun lebih dari itu bisa menggunakan jarinan internet (belajar jarak jauh).
Dengan adanya internet, siswa dapat belajar berbagai hal secara online. Beberapa kursus juga bisa dilakukan melalui internet, seperti kursus menulis, menggambar, komputer dan bahasa
Mengembangkan kreatifitas siswa. Kehadiran internet dalam pendidikan memberikan ruang luas untuk mereka mendapatkan ilmu secara lebih. Di dalam pendidikan secara seperti biasanya, guru layaknya orang yang memberikan suapan ilmu kepada siswa-siswanya.
Di era globalisasi ini, negara-negara di berbagai belahan dunia, sudah tidak ada lagi batas dalam memperoleh informasi. Dalam waktu yang sama, di tempat berbeda dengan jarak yang jauh sekalipun, orang saling bertukar informasi dana berkomunikasi. Kemajuan teknologi informasi ini tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis, akan tetapi dunia pendidikan juga ikut merasakan manfaatnya. Perkembangan teknologi informasi lebih terasa menfaatnya dengan hadirnya jaringan internet yang memanfaatkan satelit sebagai media transformasi.
Hadirnya internet sebagai sumber informasi ini, sangat memungkinkan seseorang untuk mencari dan menyebarkan segala ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk penemuan penelitian keseluruh dunia dengan mudah, cepat, dan murah, sehingga pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat lebih cepat dan merata. Dengan demikian segala informasi yang ada diinternet dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
Pengertian internet menurut para ilmuan:[5]
Sidharta (1996) memberikan definisi yang sangat luas terhadap pengertian internet. Beliau mendefinisikannya adalah forum global pertama dan perpustakaan global pertama, dimana setiap pemakai dapat berpartisipasi dalam segala waktu. Karena, internet merupakan perpustakaan global, maka pemakai dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar.
Sedangkan pengertian lain mengenai internet adalah media yang sangat efektif dalam upaya update informasi dan mencari trasferan ilmu pengetahuan bagi seorang pendidik.
Gaptek adalah sebutan yang tepat bagi pendidik yang tidak mampu mengoperasikan computer dan tidak tahu dengan internet, padahal di dunia maya, internet tersebut banyak sekali yang bisa dididapatkan. Informasi di internet sangat lengkap, dari yang bertaraf nasional hingga internasional semua ada di dalamnya.
Secara umum dapat dikatakan bahwa internet adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan saling hubungan antar jaringan-jaringan komputer yang sedemikian rupa sehingga memungkinkan komputer-komputer itu berkomunikasi satu sama lain.





[1] Rinta Klidalukmana, Dasar Komputer dan Pemograman, Undip, Semarang, 2009, hal 9
[2] http://www.astalog.com/510/aplikasi-internet-dalam-dunia-pendidikan.htm
[3] Rinta Klidalukmana, Dasar Komputer dan Pemograman, Undip, Semarang, 2009, hal 6
[4] Haer Tali, Panduan Praktis Belajar Komputer, Elex Media Komputer, semarang, 2005, hal 21
[5] http://www.astalog.com/510/aplikasi-internet-dalam-dunia-pendidikan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar